Selasa, 22 Desember 2015

Bagi anda yang ingin mempunyai filenya, silahkan download!.

Baca Artikel Lain:



PPT Filsafat Islam (Ibnu Rusyd)

PPT Filsafat Islam (Ibnu Rusyd)



Riwayat Ibnu Rusyd

Ibnu Rusyd atau Averroes dalam bahasa Latin, nama lengkapnya adalah Abu al-Walid Muhammad ibn Ahmad ibn Rusyd, lahir di kota Kordoba, Andalus, tahun 1126 M. Ia lahir dan besar dalam lingkungan keluarga yang menpunyai tradisi intelektual yang bagus. Ayahnya seorang hakim, sedangkan kakenya dari jalur ayah adalah hakim agung di Kordoba. Ibn Rusyd sendiri dikenal sebagai orang yang mempunyai minat besar pada keilmuan.

Karya Ibnu Rusyd

1. Bidayah al-Mujtahid wa Nihayah al-Muqthasiq fi al-Fiqh
2. Kitab al-Kulliyat fi al-Thib, telah diterjemakan dalam bahasa Latin, Cologet.
3. Tahaful al-Tahaful, yang merupakan sanggahan terhadap kitab Al-Ghazali, Tahaful al-Falasifah, telah diterjemahkan dalam bahasa Latin dan banyak mempengaruhi Thomas van Aquinas.
4. Al-Kasyf’ an Manahij al-Adillah fi ‘Aqaid al-Millah
5. Fashl al-Maqal fima bain al-Hikmah wa al-Syari’ah min al-Ittishal, kedua buku tersebut (no. 4 dan 5) merupakan kajian teologi, yang mencoba mempertemukan agam dengan filsafat.
Dhamimah li Masalah al Qadim.

PPT Filsafat Islam (Ibnu Rusyd)

PPT Filsafat Islam (Ibnu Rusyd)

 Pemikiran Ibnu Rusyd

Agama dan Filsafat

Menurut Ibn Rusyd, realitas-realitas wujud yang ada dalam semesta ini tidak semuanya dapat ditangkap oleh rasio dan rasio manusia sendiri mempunyai kelemahan-kelemahan dan keterbatasan-keterbatasan.

Wujud Tuhan

Menurut Ibn Rusyd Dalam Fashl Al maqal Ibn Rusyd menyatakan, bahwa mengenal pencipta itu hanya mungkin dengan mempelajari alam wujud yang diciptakan-Nya, untuk dijadikan petunjuk bagi adanya pencipta itu

0 komentar:

Posting Komentar

Paling Banyak Dicari